Words Over Face

Waktu buka facebook, terus masuk ke salah satu group yang isinya orang-orang yang kerja di dunia kreatif, gue ngeliat ada salah satu post yang mempertanyakan soal konsep dua poster film, satu film luar dan satunya film indonesia. Film luarnya adalah The Social Network, sementara film Indonesia-nya Bulan Terbelah Di Langit Amerika.

image

Kalo diliat, dua poster film itu emang punya kesamaan konsep: words over face.
Kita nggak bisa sebut itu niru, nuri, njiplak, njilat, njisamsu, plagiat atau apalah.. soalnya, waktu gue guglang gugling, konsep poster film kayak gitu emang udah banyak dipake di luar. Ya, dipake. Malah, di salah satu website yang ngebahas tentang konsep words over face ini, katanya konsep tersebut udah mulai membanjir sejak 2 tahun lalu.

image

image

image

image

image

Oh, yang di grid terakhir itu bukan poster film loh yah..!!

Jadi, apa itu words over face? Jawabannya, ya itu tadi.. words over face adalah konsep umum buat poster atau produk design lainnya. Design yang ada copy di atas muka orang. Jangan nanya lagi copy apa, karena kan udah jelas, yang dimaksud copy itu adalah tagline, tema, judul atau kalimat persuasif lain.
Dulu kala, gue emang sempet bingung sama apa yang dimaksud copy. Malah, waktu gue diinterview sama salah satu advertising agency yang inisialnya LB (ketauan dong apaan..) buat jadi copywriter, gue bingung waktu creative directornya bilang: “Ini ada design, coba kamu bikin copy-nya!” Gue bingung kan!? Hampir aja gue nanya “Emang pantry-nya dimana?”
Etdah..! Gue kira maksudnya dia minta bikinin copy lantaran dia udah bikinin gue design!!? Emang gue diinterview buat jadi apa? Copywriter kan? Bukan OB??
Ternyata, yang dimaksud copy itu bukanlah seperti apa yang gue, lo, dia, mereka dan kebanyakan masyarakat Indonesia pikirkan. Copy itu adalah ya itu.. kata-kata, tagline, tema, supers, judul atau sejenisnya yang dimunculkan.

3 thoughts on “Words Over Face

Ngomen Yang Bener!!