Foto Hiu Kekinian? 

Belakangan, di facebook gue banyak nemuin foto orang yang berdiri di bawah langit, terus di langitnya ada ikan. Bisa ikan hiu, ikan paus, lele, tongkol ataupun ikan mambo..

Surreal picture

Kekinian apa Kecikini?

Entah karena pengen disebut kekinian, lagi belajar photoshop atau karena terinspirasi video klipnya Coldplay.. Mereka sampe bisa-bisanya ngelobby ikan hiu untuk mau di-featuring-kan dalam foto yang sebenarnya nggak seberapa itu. Sontak, reputasi ikan hiu sebagai predator air melorot tajam akibat terlalu sering tampil di langit.

Disini, gue nggak bermaksud buat ngasih tutorial tentang gimana cara munculin ikan hiu di langit foto kalian. Kalau mau, kalian bisa liat di postingan orang. Itu tutorialnya. Di sini, gue cuma mau ngasih saran aja.. Kalo bisa, coba bikinnya jangan foto, tapi video. Otomatis, kalo kalian bisa bikin video hiu ada di langit, kalian bakal gampang diterima pas ngelamar jadi staff bagian motion grafis. (dengan catatan, texture dan edge croppingnya harus halus, terus color correctionnya juga kudu ngeblend, jangan gradagan..) gaji 3,5 – 4 jt untuk fresh graduate (BDP). Kecil ya? Banget! Mendingan ngerjain project dari klien yang jelas2 bisa dinegosiasikan brp nominalnya. Kerjaannya? Bikin template, bumper, station ID, CG (character generator), sampe ke transisi shot/segmen program. Cape? Iya. Makan ati juga malah kadang-kadang – terutama kalo dapet bos yang ngehe, sok tau, banyak maunya, tapi nggak tau apa2.

Ini apa sih?! Kok jadi nyambung ke urusan kerjaan anak grafis??!