Back Up Lah Sebelum Engkau Di Back Up

Semenjak si tiffy ngeblokir Vimeo, gue kesulitan liat video2 gue yang gue titip di sana. Padahal, beberapa diantaranya, CUMA gue titip di sana.. even gue gak nyimpen master editnya! Petaka pun datang tatkala ada beberapa pihak yang berniat kerjasama sama gue, misal mau ngasih esjean ngedit; atau sekedar nge-hire gue as a freelance editor; atau whatever lah. Maklum lah, esjeannya orang media kan emang cuman gitu2 aja..

Beberapa dari mereka, biasanya minta portfolio atau showreel – atau apapun yang bisa meyakinkan mereka, bahwa gue bisa mengerjakan apa yang mereka minta dengan baik. Gue bilang gak ada mentahannya, paling hasil jadinya, yang udah gue cloud di Vimeo. “It’s ok, no problem.” Mereka bilang.

“Tapiii…”

Nah.. mereka bingung pas gue bilang “tapi” itu.

“Why?”

Gue jelasin aja: “Kan Vimeo sekarang udah almarhum nih bang.. gimana mau ngambil sample video gue? Masa iya kita kudu ke singapur dulu demi buka Vimeo?! Lagian, emang di singapur juga gak ada warnet.. orang singapur kan nggak hobi mesum di warnet.”

Mereka pun tampak bingung. Mungkin dalam pikiran mereka, ‘nih orang niat gak ya.. masa karya sendiri aja sampe ngga nyimpen masternya!?’

Iya sih, gue akui.. itu emang kesalahan gue, yang mana harusnya kalo bikin apa-apa, kita bikin back up-nya – kalo perlu double back up, biar kalo ilang atau kemalingan atau dijambret, kita ngga akan bingung bramantyo.

Bukan gue mau ngajarin, gue cuma mau ngingetin.. hal kayak gini juga mungkin bisa dijadikan pelajaran buat kalian yang seneng bikin2 karya kreatif. Kalo bikin di laptop, selain back up hard-drive, kalo bisa back up juga ke CD, terus upload ke specific hosting semacam Vimeo/Youtube, Google Drive, Photobucket atau apapun. Soalnya, kehilangan data itu bisa terjadi kapan aja dan sama siapa aja, tanpa mengenal usia, ras, agama, jenis kelamin atau tingkat keperkasaan..!! Kalo gue sih biasanya cari hosting yang sekalian bisa jadi galeri juga, yang mana suka ada employer yang sering liat-liat, semacam Scribd (kalau tulisan), atau Kreavi (kalo design).

Dan satu lagi.. kalo udah punya akun2 begituan, jangan pernah lupakan passwordnya!!

…itu!

Saat ini, Vimeo udah bisa dibuka lagi. Mungkin si tiffy udah nggak mau bikin dosa terus, mengingat, umur ke-menkominfo-annya juga kan gak bakal lama lagi. Tapi meski begitu, gue tetep aja gedeg.. harusnya waktu itu gue bisa dapet job, ini malah gagal..!

Tinggalkan komentar

9 Komentar

  1. backup emang penting banget

    Balas
  2. bener banget,
    pernah kehilangan data di computer yang tiba-tiba KOIT.

    Balas
  3. Vimeo udah bisa ya?
    Saya kok belom…. *sedih

    Balas
  4. Wah, kasian tiffany lo bleh, ambil hikmahnya aja bleh mungkin ada rencana lain yang bisa bikin lo makin sukses bleh. Salam olahramlan.🙂

    Balas

Ngomen Yang Bener!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: