Sekolah Dulu Vs Sekolah Sekarang

Lama gak ngajar, kangen juga rasanya. Kangen sama bawelnya anak-anak, kangen sama tidur di ruang guru, kangen jewerin anak-anak, bahkan sampe kangen sama yang namanya akhir bulan. Lho.. kenapa akhir bulan?
Karena akhir bulan ituuuu.. adalah saat dimana kita semua (para pekerja di sekuruh indonesia), mengalami yang namanya gajian.
Terus?
Gini.. Ceritanya, waktu gue jadi guru, gaji gue emang ga seberapa. Yaa.. Jauh lah kalo dibandingkan sama yang sekarang. Tapi ngga tau kenapa.. Waktu gue masih menyandang status sebagai guru, tiap mau gajian, sisa gaji gue yang bulan lalu tuh masih ada.
Laahh, sekarang..? Baru dua minggu gajian, saldo rekening udah mendekati nol. Aneh ya? Kenapa ya? Kok bisa gitu ya?
Mungkin itu karena berkah dari membagi ilmu kali yaa?
Jadi kalo kita ngasih ilmu ke anak-anak, biar ngga dicukupi oleh materi, tapi hidup gak sampe dibuat susah.

Entahlah..

Dan masih ngomong soal pendidikan nih yaa, gue jadi kangen sama jaman dimana gue masih sekolah SD.
Diantara kalian ada yang kangen masa SD?
Jaman dimana pastinya kita masih belom dipusingin sama urusan cinta, jaman dimana yang namanya hepi itu bener-bener kerasa.. Bener-bener bikin kangen.

Tapi.. yaa itu cuma bagian dari sejarah pendek kehidupan kita.

Cuma nihh.. kayaknya apa yang kita rasain dulu, udah gak dirasain lagi sama anak-anak jaman sekarang.
Jaman dulu, kita kalo salah dikit sama guru, itu dikemplang bener-bener. Sampe-sampe gue juga waktu kemaren pas masih jadi guru, masih sering ngemplang anak-anak. Bukan karena dendam, tapi karena tau apa manfaatnya.
Dikemplang sama guru, terus ngadu sama orang tua, bukannya dibelain sama orang tua; yang ada malah tambah dileme’in! Ya itu karena emang cara buat ngedidik anak yang badung!
Kalo sekarang, anak dijeret dikit, orang tua ngadu ke komnas ham atau perlindungan anak.. atau apalah..
Jadinya wajar aja kalo anak sekarang pada songong sama orang tua.
Tiap hari sabtu siang, di jam pelajaran terakhir, anak-anak disuruh piket bersihin kelas. Anak cewek ngepel, anak laki angkat meja, separo ngambil air buat ngepel. Seru ya?
Kalo sekarang sekolah-sekolah udah pada punya OB.
Belum lagi urusan kreatifitas.. kerajinan tangan.. dsb.
Biasanya dulu kan kita kalo dapet tugas kerajinan tangan itu disuruhnya bikin sesuatu yang nantinya bisa dipake sama kita juga. Sesuatu yang bermanfaat. Nah kalo sekarang?
Anak-anak paling cuma disuruh bikin kerajinan origami, yang kaga jelas manfaatnya apa.
Beda lah antar jaman kita dulu sama sekarang..

Apapun itu, pastinya setiap jaman ada sisi baik dan sisi buruknya. Mungkin jaman dulu kita nggak pernah kepikiran buat bikin software komputer atau mobile application atau apa lah..
Tapi sekarang, anak-anak SD udah pada jago bikin aplikasi mobile yang kalo diliat UI-nya, sama sekali ga nunjukkin kalo itu buatan anak-anak. Mungkin jaman kita SD, bikin robot itu cuma khayalan.. Ditambah dengan sajian film Power Rangers, yang bikin kita mikir kalo itu cuma mimpi. Tapi sekarang, robot itu jadi ajang kontes anak-anak sekolah, men!

Nah, harapan gue sebagai (pensiunan) guru.. Gue pengen kecanggihan anak-anak jaman sekarang, bisa berpadu dengan santunnya gaya anak-anak jaman kita dulu. Nggak songong sama orang yang lebih tua, bisa bekerja sama dan tidak anti-sosial. Satu lagi..! tidak material oriented.

Mengetahui,

______________
Pensiunan Guru

Tinggalkan komentar

7 Komentar

  1. sekarang kerja di mana toh Om?
    btw kok ada yang beda ya sama tulisannya si Om sekarang?

    Balas
  2. Mampir Om.. ada yg lagi pengen punya guru juga xi..xi..xi…

    Balas
  3. Wah bener banget om, dulu di sekolah gw dari SD sampe SMA guru killernya banyak, sampe gw nyontek kertas ujian gw di sobek2, untuk gak mulut gw yg di sobek2.

    Balas
  4. klo saya kangen sama org rumah Om😀 *jitaksandal* hahahah setuju sama kata2 terakhir tidak material oriented (y)

    Balas
  5. Omdisyah

     /  Desember 8, 2013

    Bener juga ya, jaman itu syukur2 gak digampar sm guru cm disuruh hormat bendera siang bolong sdh untung, lha skrng ngimpi klau mereka mau hormat sm guru, sm ortunya aja kdng gak mau, btw gak semua kali ya, tergantung didikannya jg, tulisannya bagus nih keep semangat ya buat nulis hal lainnya, aku suka gaya nulisnya, lucu tp ada benarnya.. Piss

    Balas
  6. anak jaman sekarang bisa main gobak sodor ga ya😀

    Balas
  7. Ada benar nya jga sih

    Kebanyakan jaman dllu lebih menghormati ortu. Dan kebanyakan nak jaman dlu lbih santun dri pada sekarang,
    Tpi klw masalah cinta lebih indah jaman skrng, jdi cewe nak skrng lbih gampang di ajak jalan, dri pada dlu, sulit rasa nya bila ngajak cwe keluar!!

    Balas

Ngomen Yang Bener!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: