Teman Tidak Makan Teman

“..Manusia adalah makhluk sosial, dimana tanpa orang-orang di sekelilingnya, manusia akan kesulitan untuk hidup”. (Buku IPS kelas 3, halaman 54)

Menurut guru, dosen atau pakar kemasyarakatan, pepatah diatas tentulah benar adanya; karena, memang manusia itu adalah makhluk sosial. Makna dari sosial ini sendiri, yakni berlagak sial, padahal nggak sial.. Sosial. Misalkan seorang supir angkot, yang turun dari pagi, dan sudah mengantongi duit Rp. 150.000,-
Tapi, karena dia makhluk sosial, maka ketika teman sesama supir nanya: “Tajir lo, man?”, naluri sosialnya akan serta-merta menjawab: “Boro-boro, din.. Gak adaan!”.
Ya.. Itulah manusia. Sang makhluk sosial, alias berlagak sial padahal nggak sial.

Ngomongin supir angkot, emang nggak ada habisnya; terutama, cerita tentang esek-esek.
Gaya glamor supir angkot, banyak mengadopsi gaya film barat, dimana kalo lagi narik, biasanya ceweknya si supir angkot itu duduk di depan. Lalu?
Dapet setoran atau nggak, kalo sore angkotnya nyusruk ke pinggiran semak atau kebon.. kaca dan pintunya kemudian di tutup, dan selanjutnya… You know laahhh!
Setidaknya demikian situasi seperti yang diceritakan seorang responden, kepada penyiar Kampret FM yang tengah mengudara.

Nah, kembali ke soal manusia makhluk sosial..
Ya, bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial. Tak ada siswi SMA jurusan IPS yang membantah hal tersebut. Namun jika ente menanyakan hal itu ke guru eksak (baca: IPA), “Apakah manusia itu makhluk sosial?”, tentu saja jawabannya pasti “Bukan”.
Kenapa?
Karena, teori versi guru eksak, manusia bukanlah makhluk sosial, melainkan makhluk hidup.

Lantas, memangnya kenapa kalo manusia itu adalah makhluk sosial?
Mau tahu jawabannya? ..jangan kemana-mana, karena kami akan segera kembali.

Jadi begini..
Ngomong-ngomong soal sosial, tentunya ada banyak cara untuk menjadi sosial. Salah satunya, adalah dengan berteman.
Tentu semua dari kita pernah merasakan bagaimana rasanya punya teman. Dari teman yang biasa, sampe teman spesial alias teman hidup.
Teman hidup itu bukan berarti teman yang bisa nafas, bisa makan, minum, bergerak atau lain sebagainya. Teman hidup itu adalah teman yang dipilih, untuk selanjutnya menemank dan mewarnai hidup kita. #aiihhh
Nah disini, gue ingin bercerita tentang temen gue. Bukan temen spesial, karena memang nggak dipakein telor. Temen gue ini, adalah teman yang mulai gue kenal semenjak masuk SMA.
Ini dia gambarnya…

20121216-205940.jpg

Sekarang, profesinya adalah seorang bankir. Jadi dia itu bekerja untuk sebuah bank swasta. (Gak boleh disebut nama bank mandiri-nya). Uniknya, gue kalo lagi butuh biasanya selalu ke dia.. Uniknya apa coba?
Ya maksudnya, kalo gue lagi butuh duit buat apaa gitu, buat maen prempuan misalnya, gue biasa minjem ke dia.. Dia juga demikian. Kalo lagi butuh, biasanya ke gue.
Jadi yaa, emang gak salah kalo misalnya ada opini yang menyebut, kalo punya teman itu lebih baik daripada punya sodara yang biasanya baiknya kalo pas kita lagi punya duit doank. Biasa kan, kalo yang namanya sodara, kalo pas kita butuh, pada nggak ada.. Sementara kalo pas kita lagi ada, pada sok merasa sodara deket. Itu opini siapa? Opini gue tentunya..!

Nah, ngomong-ngomong soal temen gue tadi.. Biasanya kalo libur, atau kalo pas lagi nggak pacaran, gue suka maen ke rumahnya dia. Keperluannya macam-macam, dari mulai numpang makan sampe dengan numpang tidur. Frekuensinya juga macam-macam, dari mulai dua minggu sekali, atau seminggu dua kali (tergantung lagi ada butuhnya atau ngga).
Kemaren.. Gue juga ke rumah dia lagi. Niatnya sih mau numpang nonton BPL, numpang curcol, sampe numpang ngopi.
Cuma.. pas ke rumahnya lagi rame.. Dan TV’nya lagi ditonton sama sodara-sodaranya. Alhasil, gue nggak jadi nonton bola… Dan jadinya cuma numpang ngopi.

*numpang semua judulnya*

Kalo kalian mau tau gimana suasanya, ini dia cuplikannya:

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

12 Komentar

  1. barangkali orang yang galau juga merasa makhluk sosoil😆

    Balas
  2. ada bedanya temen dan sahabat…

    temen:
    x – pinjem duit dong. pliss..😳
    y – boleh, tapi minggu depan dikembalikan ya.🙂
    (tapi kalo ngembaliinnya telat dikit gampang saling gak enakan)

    sahabat:
    x – bro pinjem duit lu dong bro.😎
    y – enak aja lu kira gua embah lu apa!
    (tapi tetep dikasih juga) *romantis*😛

    Balas
  3. ga enak ah makan temen mah..
    enakan kalo makan nasi liwet sama ikan asin, lalab, jengkol plus sama sambualnya..
    heheheh…
    *ga nyambung ya..??*

    Balas
  4. ini ga ada kisah bumbu romantisnya kan Om?

    Balas
  5. jadi initinya adalah……. hidup numpang!

    Balas
  6. om guru…??
    urgen nih mau minta tolong..????

    mau nanya nih, kenapa ya salah satu tulisanku ga ada kalo di cari di home dan di cari di kategori pun ga ada alias ga tampil..?? di cari dalam daftar isi pun ga ada!! tapi kalo di cari dalam kotak pencarian ada tulisannya tersaring bisa dibaca/dibuka tapi di cari dalam home ko ga ada ya..??

    judulnya : cara membuat label undangan

    emang kalo dalam sebulan satu postingan saja ga bakaln ada ya..??? apa harus lebih dari dua postingan..???

    terima kasih…

    Balas
  7. temen makan temen??
    msdunyaaaa??? suka numpang makan dirumah temen??? ;P

    Balas
  8. saya punya teman Om, dia lagi butuh datang terus tiap hari eh sekarang dah hasil, malah dia ngilang…….

    Balas
  9. dari makan teman enakan makan siomay aja om..😀
    eh ada oleh ni om..
    http://popo1408.wordpress.com/2012/12/27/sunshine-award/

    Balas
  10. teman bagai kepompong. kita kepompongnya dia kupu-kupunya. kalo udah jadi kupu-kupu ya pergi ninggalin kepompongnya😀

    Balas
  11. jtxtop

     /  Januari 3, 2013

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    Balas
  1. Bangga Jadi Orang Sales Indonesia (oleh: Dedi Budiman) | oomguru

Ngomen Yang Bener!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: