Mari Menggambar..?!

Menggambar itu mudah. Menggambar itu menyenangkan. Dan.. menggambar itu mampu mengusir berbagai macam kesedihan yang disebabkan oleh pinjaman lunak, KTA, bank inang-inang, ataupun jenis rentenir lain yang kini banyak berseliweran di tempat basah.
Jaman saya sekolah dulu, saya paling seneng sama pelajaran ngegambar dibanding pelajaran2 lain. Saking senengnya, waktu itu saya sampe berpikiran, mungkin kalo udah gede saya bakalan jadi dokter..?! *dokter apa yang ngegambar???

Ngegambar Sebagai Pelajaran Favorit

Ngegambar adalah pelajaran favorit kedua setelah pelajaran kosong. Pelajaran kosong merupakan pelajaran favorit permanen yang disukai anak sekolah manapun, baik itu sekolah negeri, swasta, bersubsidi, atau sekolah yang bayarannya pake beras. Karena, pejaran kosong (baca: pelajaran yang berlangsung ketika gurunya rapat atau berhalangan hadir), membebaskan anak-anak untuk bereksperimen dengan imajinasinya.
Menggambar, sebagai pelajaran favorit kedua, kadang sering bikin anak yang bisanya cuma menghitung rumus, harus berpikir ulang tentang objek apa yang akan pertama dibuat ketika gurunya menyebutkan tema “Liburan Ke Rumah Nenek”. Karena, kalau mereka menempatkan angka sebagai objek pertama, maka secara otomatis akan disinkronisasi dengan kalender yang terpampang di depan kelas, tepat di bawah foto Presiden Soeharto maupun Wakil Presiden Soedharmono…. (wuanjrit!!! jadul amat gue yak? ngalamin wapres Soedharmono)

Ngegambar Sebagai Konstitusi

Konstitusi negara, atau undang-undang negara, biasanya memang dituliskan. Tapi bagaimana bila seorang warga negara yang ingin memahami undang-undang itu buta hurup alias nggak bisa mbaca? Maka solusinya adalah digambar.
Meski beberapa point seperti kolom jenis kelamin di KTP itu nggak mungkin bisa digambar, tapi yang namanya menggambar tetap dianggap sebagai sokoguru yang sanggup mengejawantahkan makna absolut dari deretan huruf yang membentuk kata, kalimat, frasa, alinea, sampai dengan paragraf.

Nah.. untuk memahami makna menggambar sesungguhnya, sayah ingin mengajak rekan-rekan semua di sini, untuk belajar menggambar. Tentu ini sangat mudah, tergantung dari perspektifnya saja yang harus ditentukan dulu dari mana. Bagaimana cara menentukan perspektif? Perspektif itu bisa didapat dengan cara CTRL/CMD + T –> Klik Kanan –> Perspektif. Demikian!

Dan tanpa basa-basi lagi, inilah.. menggambar!!

Advertisements

One thought on “Mari Menggambar..?!

Ngomen Yang Bener!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s