Kartun Barat VS Kartun Jepang

Siapa suka kartun? ..kalian? ..kalian suka? Ya, sama kalo gitu. Saya juga suka. Kita sama-sama suka nonton kartun. 

Tapi, biarpun kita sama2 mencintai satu tanah air kartun, tapi bisa jadi kita beda etnis kartun favoritnya. Kenapa? Karena siapa tahu kalian sukanya kartun anime Jepang, sementara saya tidak. Siapa tau saya sukanya kartun thug life ala Amerika, kalian tidak. 

Luffy and Butthead

The simpson

Bagi saya, yang senang dengan ketidak teraturan, foolness dan elemen di luar kewajaran, maka kartun Amerika adalah opsi yang bagus. Saya nggak suka gambar yang rapi, karakternya manusianya cantik, ganteng, mata besar, bibir kecil, pewarnaannya penuh shadow dan highlight, serta jalan cerita yang.. kena pukul sedikit langsung gak bisa bangun. Atau yang lebih fiksi, ngeluarin kekuatan energi yang bikin lawannya tampak gak berdaya.
Saya lebih suka karakter macan kumbang yang menjadi pengangguran, busa sepon yang lugu, dua sahabat yang rupa fisiknya kayak kentang mentah, anak-anak gadis yang tidak dilahirkan ibunya – melainkan hadir ke dunia lewat proses kecelakaan cairan di laboratorium, atau keluarga manusia yang secara rupa justru lebih mendekati alien. 

Bisa saya katakan di sini : KARTUN BARAT LEBIH KREATIF DARI KARTUN JEPANG!

One piece - Looney tunes

Meski tampil dengan warna cenderung flat, tanpa embel-embel shadow/highlight, tapi tetap kartun barat lebih berkesan – setidaknya buat saya pribadi.
Kartun barat gak cuman melulu soal berantem, penyelidikan, aksi heroik, ilmu-ilmuan yang ditunjukkan oleh tokoh yang direpresentasikan sebagai manusia, tapi juga perkelahian tak berujung antar dua hewan yang di-manusia-kan.

Dan pertanyaannya : “kenapa saya bikin postingan dengan tema ini?”

Nggak kenapa-kenapa sih..! Mungkin cuma karena belakangan ini saya rajin nge-toon di salah satu platform komik digital. Atau mungkin karena belakangan saya lagi nggak ada kerjaan, jadi sering nonton kartun.
Soal nge-toon, saya kadang suka terbersit pertanyaan. Kenapa yang banyak dapet like, favorit sama rating tinggi adalah komik dengan cerita dan tampilan yang justru keJepang-Jepangan? Apa anak2 sekarang lebih suka diajak mikir ketimbang diajak bingung? Apa mereka terdoktrin ajaran sekolah akan K3, yang punya downline yang disebut ‘keteraturan’? Nggak tahu lah..! 
Bukan bermaksud mau nyinyir sih. Saya tau, setiap orang bebas menentukan apa yang akan mereka suka.. jadi, bebas-bebas aja toh mau gimana. 

Cuma aja.. saya ngerasa kok kayaknya saya ada di barisan anti-mainstream ya?! 
Saya bikin komik strip, dengan visual karakter yang kalo di mata pecinta anime, itu mungkin dianggap gak jelas maunya apa. Jalan ceritanya nggak pake template intro – set up – punchline, melainkan apa aja semau yang bikinnya (baca: saya). Jujur emang.. pengaruh nickelodeon, boomerang, CN atau bahkan MTV animation studio dulu, masih kerasa dibanding studio-studio animasi Jepang yang menurut saya kurang punya karakter.

Whatever..

Apapun itu, saya yakin bahwa itu hanya pilihan. Nggak ada yang bagus atau jelek, karena semua balik lagi ke selera.

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

6 Komentar

  1. jokeray

     /  Juni 8, 2017

    Salam kenal Om, Baru nemu ada blog sejenis ini di dunia

    mau bilang keren, ntar ntar ajalah,kalau udah ketemu dna ngopi ngopi.

    kalo sekarang takut dituduh basi banget, soalnya kalo boleh mau nanya email nya om, ada yang mau di curhatin sekaligus ditanyain..

    tengkyu om

    kalo lagi ga sibuk main main ke blog ane ya om.

    Balas
    • Boleh, boleh.. Kalo mau ngobrol sambil ngopi. Ngopi dari harddisk maksudnya.. Wkwkwkwkwk

      Email? Itu tinggal klik yg bulet2, yg floating di samping tuh.

      Hehehe

      Balas
      • jokeray

         /  Juni 14, 2017

        waduh, maaf om, saya belum nemu emailnya,
        kalau bisa ditulis disini aja boleh ga om? maafkan kebegoan muridmu ini suhu

        makasih juga udah main ke blog ini om, iya, saya suka nonton tv series, makanya kadang kalau nulis berseries2 juga, hahhaa,siapa tau diajakain bikin tv series gitu om..

      • Weitsss.. Boleh.
        Monggo lah di kirim ke yudiehartlaner@hotmail.com

  2. paporit saya Looney Tunes .. the best pokonya boss

    Balas

Ngomen Yang Bener!!

