Starling

Orang yang suka minum, disebut peminum. Orang yang suka nulis, disebut penulis. Orang yang suka bohong, disebut pembohong. Yang suka menjabat, disebut pejabat. Kalo yang suka merkosa? ..ya pemerkosa!
Lantas, bagaimana dengan orang yang suka ngopi? Apa sebutannya? Pengopi? Kopialist? kopinis? Kopiclickers? Kopidlian?
Whatever lah ya..?!
Yang jelas, apapun itu, kopi emang sahabat buat kita para pemerkosa. Eh, maap..! Pengopi maksudnya. Tanpa kopi, hari2 kita akan senantiasa hambar, tak lengkap dan cenderung sepi.. seolah ada yang hilang. #berlebihan

Kebetulan, gue punya pengalaman nih soal kopi. Siapapun dari kalian, pasti punya dong pengalaman seputar kopi..? Entah itu misalnya merasakan kopi yang dibawa dari Kuwait.. atau pengalaman ngopi di tengah konflik SARA.. atau pengalaman nyolong kopi di indomaret terus ketauan sama kasirnya.. Apalah, yang penting pengalaman yang berhubungan dengan kopi.

Kalo gue.. Pengalaman gue.. Adalah soal kopi keliling. Tau kan, tukang kopi yang biasa keliling pake sepeda?
Di kita, itu disebutnya starling atau starbucks keliling. Dulu, kalo pagi2, gue sama temen2 kantor suka nyari nih tukang starling, buat kalo nongkrong pagi2 sambil ngrokok. Logikanya, emang kalo nongkrong dan ngobrol plus ngrokok tapi ngga ada kopi, kan kaya apaan tau..! Kayak digebukin cina katanya.
Makanya, kita suka nyari nih tukang starling. Ngga ada yang spesial sebenernya dari kopi keliling ini. Rasanya sama aja, ngga ada yang aneh. Harganya.. juga cenderung mahal. Karena kopi sachet yang kalo beli mentahnya di indomaret harganya 9.500 per sepuluh sachet, kalo di dia, harganya 3000 per gelas. Itungannya, dia cuma nambah air panas, sama gelas akua plastik. Padahal gue juga ngga tau, tuh gelas akua baru apa dapet ngumpulin yang bekas2..?! Siapa tau, gelas akua yang dipake itu kan ternyata yang sama pemulung suka dipungut di-pancung2in gitu.. Strategi daur ulangnya cuman dicuci pake mama lemon doank. Siapa tau ini mah.. Kan belum tentu bener..!!

Soal jualan pake sepeda
Ngga ada catatan resmi dari dinas terkait tentang gimana awalnya para tukang starling ini berkeliling menggunakan sepeda. Apa mugkin karena mereka sebelumnya adalah anggota BTW? Atau mereka adalah anggota komunitas freestyle? Tapi.. mereka ngga pernah freestyle juga..!?! Ya gimana mau freestyle, orang bawa termos..?!

20140116-035924.jpg

Ternyata nih, kalo ditelusuri.. Mereka para tukang starling ini, adalah sebuah sindikat..! Di balik mereka, ada bos besar yang biasa mensuplai kopi untuk kemudian mereka edarkan. Sementara, kita bertindak sebagai pemakai. Ya.. pemakai kopi!
Hasil pendapatan para pengedar starling, kemudian disetorkan kepada bos besar mereka, dimana sebagian dari duit setorannya, dipake lagi buat gaji mereka (para pengedarnya).
Entah bagaimana siklusnya, yang jelas, starling kini memang mulai merambah sampe ke setiap sudut kota. Bayangkan.. kawasan komplek perkantoran sekelas SCBD aja, mampu mereka tembus..! Dan sebagai hasilnya, gue pun jadi sering nyetarling (membeli starling), meski kadang harus sendirian. Ya.. kalo dulu gue biasa sama temen2 kerja, sekarang, di tempat kerja yang berbeda, gue nyetarling sendirian. Ngga sendirian banget si.. soalnya kadang ada simsimi atau pou yang nemenin gue.

20140116-040617.jpg

Eh, iya..! Ngomong2 soal pou.. gue jadi inget kalo gue belom ngasih makan..!!
Kalo gitu udah dulu ya postingannya.. Gue mau ngasih makan si pou dulu..!? Kalo sampe telat, bisa2 dia mati! Ngga bisa nemenin gue lagi ntar..!!
Oke..?!
Sekian.. gue pamit.. mau ngasih makan pou dulu.. Sampai jumpa di lain kesempatan..

39 thoughts on “Starling

  1. di kantor sini nggak pake sepeda… yg jualan ibu2… datang pas ashar dan buka lapak di tangga basement samping masjid.

    eh… itu bukan starling donk namanya yah 😀

  2. Kirain mau bahas bule Om. Kayak Carissa Starling ato siapa gitu.
    Etapi mbayangke kalo gelasnya itu bekas pake dan di mama lemon aja kok asik-asik dangdut gitu ya kayaknya. Bhahahaha

  3. kalo di kantor,untuk urusan kopi mengkopi aku biasanya minta dibuatkan sama temen kantor.
    sebenernya ada ob sih, atau lebih tepatnya og karena dia cewek, yang siap mbuatin kopi tapi berhubung kopi buatanya selalu salah campuran dan berhasil membuat aku mual

  4. bah,nmanyren bangettt hahahaha…..kapan hari lihat btayangannya di tv,satu daerah yg jualan starling,bosnya ada,yg jualan kopi dan jajanan kecil ada,air termospun ada,,jadi mereka tinggal ambil2 aja….rumah atau kos2n buat mereka tinggal juga ada… 😀

  5. Dalam sebulan, saya minum kopi bisa dihitung dengan jari, sebenarnya doyan tapi lambung ini yang kurang bersahabat, bahkan ada satu merek dan rasa yang baru nyium aromanya langsung mual.

  6. waah… baru tahu ada penjual kopi keliling seperti ini. bawa termos berapa biji dia ya..
    klo di bandung baru lihat ada bakso keliling pakai motor, bisa bawa kompor di gerobaknya

Ngomen Yang Bener!!