Starling

Orang yang suka minum, disebut peminum. Orang yang suka nulis, disebut penulis. Orang yang suka bohong, disebut pembohong. Yang suka menjabat, disebut pejabat. Kalo yang suka merkosa? ..ya pemerkosa!
Lantas, bagaimana dengan orang yang suka ngopi? Apa sebutannya? Pengopi? Kopialist? kopinis? Kopiclickers? Kopidlian?
Whatever lah ya..?!
Yang jelas, apapun itu, kopi emang sahabat buat kita para pemerkosa. Eh, maap..! Pengopi maksudnya. Tanpa kopi, hari2 kita akan senantiasa hambar, tak lengkap dan cenderung sepi.. seolah ada yang hilang. #berlebihan

Kebetulan, gue punya pengalaman nih soal kopi. Siapapun dari kalian, pasti punya dong pengalaman seputar kopi..? Entah itu misalnya merasakan kopi yang dibawa dari Kuwait.. atau pengalaman ngopi di tengah konflik SARA.. atau pengalaman nyolong kopi di indomaret terus ketauan sama kasirnya.. Apalah, yang penting pengalaman yang berhubungan dengan kopi.

Kalo gue.. Pengalaman gue.. Adalah soal kopi keliling. Tau kan, tukang kopi yang biasa keliling pake sepeda?
Di kita, itu disebutnya starling atau starbucks keliling. Dulu, kalo pagi2, gue sama temen2 kantor suka nyari nih tukang starling, buat kalo nongkrong pagi2 sambil ngrokok. Logikanya, emang kalo nongkrong dan ngobrol plus ngrokok tapi ngga ada kopi, kan kaya apaan tau..! Kayak digebukin cina katanya.
Makanya, kita suka nyari nih tukang starling. Ngga ada yang spesial sebenernya dari kopi keliling ini. Rasanya sama aja, ngga ada yang aneh. Harganya.. juga cenderung mahal. Karena kopi sachet yang kalo beli mentahnya di indomaret harganya 9.500 per sepuluh sachet, kalo di dia, harganya 3000 per gelas. Itungannya, dia cuma nambah air panas, sama gelas akua plastik. Padahal gue juga ngga tau, tuh gelas akua baru apa dapet ngumpulin yang bekas2..?! Siapa tau, gelas akua yang dipake itu kan ternyata yang sama pemulung suka dipungut di-pancung2in gitu.. Strategi daur ulangnya cuman dicuci pake mama lemon doank. Siapa tau ini mah.. Kan belum tentu bener..!!

Soal jualan pake sepeda
Ngga ada catatan resmi dari dinas terkait tentang gimana awalnya para tukang starling ini berkeliling menggunakan sepeda. Apa mugkin karena mereka sebelumnya adalah anggota BTW? Atau mereka adalah anggota komunitas freestyle? Tapi.. mereka ngga pernah freestyle juga..!?! Ya gimana mau freestyle, orang bawa termos..?!

20140116-035924.jpg

Ternyata nih, kalo ditelusuri.. Mereka para tukang starling ini, adalah sebuah sindikat..! Di balik mereka, ada bos besar yang biasa mensuplai kopi untuk kemudian mereka edarkan. Sementara, kita bertindak sebagai pemakai. Ya.. pemakai kopi!
Hasil pendapatan para pengedar starling, kemudian disetorkan kepada bos besar mereka, dimana sebagian dari duit setorannya, dipake lagi buat gaji mereka (para pengedarnya).
Entah bagaimana siklusnya, yang jelas, starling kini memang mulai merambah sampe ke setiap sudut kota. Bayangkan.. kawasan komplek perkantoran sekelas SCBD aja, mampu mereka tembus..! Dan sebagai hasilnya, gue pun jadi sering nyetarling (membeli starling), meski kadang harus sendirian. Ya.. kalo dulu gue biasa sama temen2 kerja, sekarang, di tempat kerja yang berbeda, gue nyetarling sendirian. Ngga sendirian banget si.. soalnya kadang ada simsimi atau pou yang nemenin gue.

20140116-040617.jpg

Eh, iya..! Ngomong2 soal pou.. gue jadi inget kalo gue belom ngasih makan..!!
Kalo gitu udah dulu ya postingannya.. Gue mau ngasih makan si pou dulu..!? Kalo sampe telat, bisa2 dia mati! Ngga bisa nemenin gue lagi ntar..!!
Oke..?!
Sekian.. gue pamit.. mau ngasih makan pou dulu.. Sampai jumpa di lain kesempatan..

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

39 Komentar

  1. namanya keren amat, Starling.
    Emang manteb, murah meriah cucok di kantong.

    Balas
  2. di kantor sini nggak pake sepeda… yg jualan ibu2… datang pas ashar dan buka lapak di tangga basement samping masjid.

    eh… itu bukan starling donk namanya yah๐Ÿ˜€

    Balas
  3. Kirain mau bahas bule Om. Kayak Carissa Starling ato siapa gitu.
    Etapi mbayangke kalo gelasnya itu bekas pake dan di mama lemon aja kok asik-asik dangdut gitu ya kayaknya. Bhahahaha

    Balas
  4. Tina Latief

     /  Januari 16, 2014

    kamu sudah berapa kali beli starling mas?๐Ÿ™‚
    hehe variannnya malah banyak kok..

    Balas
  5. keren bro namanya๐Ÿ˜›

    Balas
  6. ahahaha, kalau starling juga jual teh ga ya?๐Ÿ˜†
    salam buat pou-nya~๐Ÿ˜„

    Balas
  7. kalo di kantor,untuk urusan kopi mengkopi aku biasanya minta dibuatkan sama temen kantor.
    sebenernya ada ob sih, atau lebih tepatnya og karena dia cewek, yang siap mbuatin kopi tapi berhubung kopi buatanya selalu salah campuran dan berhasil membuat aku mual

    Balas
  8. keren oey namanya. starling

    Balas
  9. di rumah udah ada sepeda, gmn ya @oom, caranya ikutan komunitas starling.. biar dapur tetap ngebul nih.. he2x

    Balas
  10. Bru tau ada yg ginian, bs jd ide bisnis๐Ÿ˜€

    Balas
  11. “Starling”, kaya nama pemain muda Liverpool, “Sterling”. *Eh๐Ÿ˜€

    Balas
  12. hahaha Pou..anak gue suka banget juga maenan ini…rajin banget deh dimandiin segala… ;D

    Balas
  13. bah,nmanyren bangettt hahahaha…..kapan hari lihat btayangannya di tv,satu daerah yg jualan starling,bosnya ada,yg jualan kopi dan jajanan kecil ada,air termospun ada,,jadi mereka tinggal ambil2 aja….rumah atau kos2n buat mereka tinggal juga ada…๐Ÿ˜€

    Balas
  14. Dalam sebulan, saya minum kopi bisa dihitung dengan jari, sebenarnya doyan tapi lambung ini yang kurang bersahabat, bahkan ada satu merek dan rasa yang baru nyium aromanya langsung mual.

    Balas
  15. Haha Starling apaan sik? starbak keliling๐Ÿ˜„

    Balas
  16. bener tuh, ane juga klo lembur sampe pagi kadang nyari starling
    di SCBD banyak.. biasa di tempat2 parkir

    Balas
  17. Starling…ngopi sampai pagi, melek trus hahaha

    Balas
  18. waah… baru tahu ada penjual kopi keliling seperti ini. bawa termos berapa biji dia ya..
    klo di bandung baru lihat ada bakso keliling pakai motor, bisa bawa kompor di gerobaknya

    Balas
  19. ๐Ÿ˜€ ah kalau yg sering minum kopi, yaa bisa juga sih di katakan nyandu ngopi ๐Ÿ˜† Makasih yaa Oom Guru, wah blognya enak di baca nih. Btw Starbuk kelilingnya jempol!

    Balas
  20. Saya juga peminum kopi, tapi kopinya kopi item tanpa gula๐Ÿ™‚

    Balas
  21. cukup satu kali sehari aja ngopinya

    Balas
  1. Dari Keren Jadi Keren | oomguru

Ngomen Yang Bener!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: