Mau Jadi Penulis Skenario?

Pertama-tama, gue harus inform kalo sebenernya gue gak niat bikin postingan ini.
Kenapa?
Karena sebenernya gue gak berbakat buat nulis postingan yang formatnya tutorial. Gue gak pede! Lagian, ilmu gue belom ada apa2nya.. paling cuma sebatas ekstrak kulit manggis.

Tapi, berhubung ada sobat gue, bleh @Febyandriawan nanya tentang prosedur penulisan skenario, gue mau sharing. Catet yee..?! Sharing, bukan ngajarin!
Kalo ada yg lebih paham, boleh ngoreksi atau nambahin.

Lang to de sung….. Samsung!!
Kebetulan, gue punya pengalaman nguli di PH dan juga TV, jadi dikit2 mah gue ngarti prosedurnya gimana ide kita (cerita/naskah) bisa jadi tontonan. –tapi gue gak bakal bahas teknis penulisan naskahnya, karena gue asumsikan semua udah pada ngerti detail teknisnya. Apa itu scene, apa itu PoV, apa itu establish, shot detail.. gue yakin kalian udah pada paham.
Gue juga gak akan ngereferensiin PH yang cocok sama cerita yg kita bikin, ke siapa ngasihnya kalo kita udah nyampe kantor PH, dsb. Anggap itu mah detil yg pastinya udah pada paham.
Yang mau gue sharing di sini, adalah cara gimana ide berbentuk naskah cerita itu bisa jadi duit.

Ada banyak cara.. Bisa jadi penulis single fighter, jadi co-writer, afiliasi sama jaringan penulis, nepotisme, dll. Cuma, intinya adalah: “KITA KUDU BISA NGEHASILIN IDE KOMERSIL DAN MENUANGKANNYA KE FORMAT SCREENPLAY.”
Ada juga sih yang cuma nyumbang ide (sinopsis), tapi jarang2 — dan tetep nantinya harus berurusan sama penulisan skenarionya.
Lagian, kalo cuma bikin sinopsis, bayarannya gak akan seberapa juga.. tetep yang lebih gedenya mah kalo kita nulis A to Z.

Oke, gue jelasin maksud jadi single fighter, co-writer, dsb tadi di atas. Itu semua adalah istilah bikinan gue, maksudnya adalah cara ngusahain karya cerita buat nongol di tv…. dan tentunya, ujungnya rupiah.

1. Single fighter : nulis sendiri, ngajuin sendiri, presentasi/pitching sendiri (kalo naskahnya di follow up), dst.
Caranya?
Tentu kita kudu nulis dulu ide cerita, kemudian jadi sinopsis, kemudian bikin scene plot-nya, kemudian screenplaynya.. dan jangan lupa: TREATMENT!
Jadi, selain sinopsis sama screenplay (skenario), kita kudu bisa bikin semacam proposal, yg isinya adalah: Latar Belakang (pemilihan tema), Point of Selling (nilai jual cerita), Target Audience, Detail Produksi (perkiraan pemain, budget, lokasi, dsb).. Baru masuk ke sinopsis global, scene plot (kalo perlu).. atau bisa langsung ke format screenplay.
Setelah itu semua siap, baru berangkat ke PH. Kita ajuin.. Biar karya kita itu bisa eksekusi.

Nah.. gue juga baru tahu dari salah satu temen maen gue yg pernah jadi Produser Pelaksana (PP) di Sinemart, katanya kalo penulis skenario untuk PH itu ada juga yg by order. Artinya, ketika si pihak berewenang di PH punya ide cerita, kita bisa “nerima job” buat nulis skenarionya. Gak harus penulis handal ternyata.. Kita juga bisa! Syaratnya, kita ngajuin lamaran ke PH, buat jadi penulis naskah. Pastinya pas ngelamarnya bawa yg itu tadi (skenario yg udah lengkap), biar si HRD, script supervisor atau siapapun dia yg emang punya jabatan di PH, bisa tahu karakter penulisan kita.

2. Co-writer : ini yg paling gampang, tapi paling susah. Kenapa? Gampang.. Karena kalo kita punya temen yg udah jadi scriptwriter, kita bisa kerja sama dia jadi co-writernya dia. Gak pake prosedur formal, tinggal kasih tau dia kalo kita bisa dan pengen nulis skenario.
Tapi bisa jadi susah kalo : kita gak punya temen penulis. Biasanya, scriptwriter gede, cuma ngambil orang yg DIKENAL atau DIREFERENSIIN buat jadi co-writernya. Jadi, dalam hal ini, kita harus sok akrab aja sama para penulis beken. Rajin sapa mereka di SocMed, banyakin tanya2 dsb.

Atau gue saranin, ikutan aja semacam kursus kepenulisan. Cotohnya kalo di Jakarta, ada Serunya (Screenwriting). Itu tempat kursus nulis skenario, yang konon bisa mengarahkan murid2nya biar bisa men-duit-kan skenarionya, misal: kalo kelar kursus, kita dikasih kesempatan magang 3 bulan, buat ikut nulis atau terlibat dalam proses penulisan. Kita bisa pake cara itu. Temen gue juga ada kok 2 orang yg masih belajar nulis di sana. Selain dimentor lansung sama para writer handal, murid2nya juga dikasih pembekalan biar bisa struggle jadi penulis skenario beneran… Itu katanya! Dari pengakuan temen gue yg kursus di sana.

3. Afiliasi sama jaringan penulis : inget yee, jaringan penulis.. jangan jaringan teroris!
Itu bisa banget. Kayak gue contohnya.. Gue gagal jadi penulis –karena gue keburu terjerumus bidang broadcast yang lain. Tapi biar begitu, gue aktif kok ikut grup Line, grup FB, follow akun2 komunitas penulis, komunitas film, dsb. Dengan begitu, kita bisa dapet info update, misal di komunitas itu ada yang mau bikin film pendek.. Mereka masih nyari2 orang yang mau gabung, tapi mereka baru dapet ide ceritanya, belum punya penulis skenarionya. Kita bisa ngajuin diri. Lumayan.. biar cuma film pendek, tapi itu bisa jadi portfolio buat kita.

Gue sendiri ngga terlalu aktif siihh.. cuma update info2nya doang. Dan info terbaru yang gue dapet, adalah Mas Diki Umbara (sineas papan atas –red.) yang lagi nyari creative buat project pribadinya.

4. Nepotisme : ini cara kotor tapi halal.
Gimana bisa yang kotor tapi halal?
Ya kan kalo ngga kotor gimana mau belajar, ya toh? Begitu kira2 bunyi tagline iklan ‘Risno’.
Misalkan lu punya sodara, keluarga, temen, tetangga, mantan, selingkuhan, simpenan, gundik, kenalan, atau siapapun yang kerja di PH –terutama yang punya jabatan produser ke atas–, kita bisa manfaatkan dia buat dapet akses. Kita bisa nitip script ke dia, biar dia ngerayu eksekutif produser buat mau mengeksekusi karya kita.

Naahh.. itu tadi adalah contoh2 metode me-rupiah-kan ide cerita kita. Mungkin ada yang lain yang punya pengalaman berbeda? Boleh sharing.

Sekali lagi, gue sendiri bukan bemaksud untuk menggurui, karena biarpun mantan guru, tapi sekarang gue udah nggak ngajar. Gue cuma sharing info yang sebatas gue tahu aja. Karena, sepanjang gue kerja di media PH maupun TV, ada lumayan banyak pengalaman yg gue dapet.. gue jadi tahu, dan gue pengen bagi juga pengalaman tsb.

Jadi penulis itu lumayan lhoo.. Apalagi, kalo kita bisa jadi penulis ecucip (baca: exclusive) di PH.
Bocoran: ada salah satu mbak penulis yg gue kenal –gue pernah ke rumahnya beberapa kali–, tiap ke rumahnya, dia lagi sibuk banget. Ternyata, dia lagi nyelesain target 500 episode (buat 2 judul). Tarif dia buat 500 episode itu adalah 2 M, sodara-sodara!! Belum lagi inventaris apartemen dari PH-nya buat dia tinggalin. Bonus jalan2 ke luar negeri. Bonus kalo rating & share-nya tinggi. Beuhh!!

Sayangnya, gue sendiri bukan tipikal penulis yang berbakat.. Buktinya, gue masih males2an. Dulu, waktu gue belum kenal media, gue emang semangat pengen jadi penulis skenario. Sekarang, setelah gue kerja dan kenal banyak orang2 program TV, gue malah nggak produktif lagi. Pengen sih iseng2 nulis2 lagi.. cuman, gak tau dah.. masih males aja bawaannya. Hehehe.. (^,^)v

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

27 Komentar

  1. Muantap Blehh,, aye aye aye, dapet tipsss!!πŸ˜€

    Balas
  2. wih, mantep om.. walopun ga bercita-cita jadi penulis, tapi lumayan dapet tambahan ilmu lagi.

    Balas
  3. hmm, ternyata ribet juga ya jadi penulis.😐
    tapi memang harus lebih giat belajar biar bisa sukses di bidang ini.πŸ™‚

    Balas
  4. PH PoV ini apaan, bang – -” . Pelaksana Harian, bukan, sih? *gagpaham

    Lumayan greget, ya, 500 episode 2 M :3. Kalau yang nulis Tukang Bubur Naik Haji, jangan2 sampek bermilyar2 ya :O

    Balas
  5. oh, nih ceritanya tutorial, Oom? xixixi

    Balas
  6. kalo kirim skenario via email, bisa gak?
    atau via pos? atau lebih baik kita datang langsung ke PH-nya?

    Balas
  7. Wahh…jadi tertarik dengan dunia scriptwriting ni
    tulisan yg bermanfaat (sekaligus ngelawak ya?):mrgreen:

    Balas
  8. saya pny byk ide cerita ,, uda ada yg di tuangin ke tulisan ato naskah,, boleh minta sharing ama temen qm yg penulis gk?

    Balas
  9. Keren!!
    Gue pengen banget jadi penulis skenario,,
    Pengen buat naskah sinetron yg tiap episodnya WOW, seperti Drama Korea,,
    ng perlu beratus-rauts episod..
    Seperti Drama Korea, ng sampai 30 episod, tapi penontonnya ng pernah bosan nonton berkali-kali,
    Tapi sayang, gue ng punya akses kesana..

    Balas
  10. Ckrg ne lagi giat2 nya nulis skenario,, udah nulis satu naskah episod sinetron lengkap, trus mau nyelesainnya ampe naskah episod terakhir, tpi ng tau mau dikemanain. Aku tinggal di kota kecil yg jauh banget, jdi ng mungkin ke PH buat ngajuin naskah secara langsung. Bisa kirim lewat email ng ya? Trus, email PH nya apa? Sharing dong!πŸ™‚
    Atau… ada yg nyari co writer, aku berminat tuh!!

    Balas
    • biasanya kalo mau diajuin ke PH itu nggak cukup 1 episode aja.. buat sekitar 13 episode, lengkap sama proposal, treatment dan breakdown detailnya (termasuk contoh artis yang cocok memainkan peran-peran di ceritamu itu). setelah itu, ya lebih baik di bawa langsung aja ke PH-nya, karena kalo via email belum tentu dibaca..

      cara lain : coba cari tahu penulis2 yang sudah terkenal.. cari akun sosial media mereka, coba berkomunikasi, tanyakan apa ada kemungkinan untuk jadi co-writernya. kalau ada, kamu tunjukkin kalau kamu bisa nulis dan punya contoh tulisan yang baik.. kalau nggak, yaa seengaknya punya koneksi yang bisa kamu minta2 infonya
      selamat mencoba.. semangat terus nulisnya!πŸ™‚

      Balas
  11. Makasih balasannya.. ☺
    1 episod aja baru kelar ne, tapi untuk episod2 selanjutnya aku udah tau ceritanya mau dibawa kemana, tinggal di tulis lengkap bahkan sampai episod terakhir soalnya episodnya ampe 27 episod ja, aku mau bikin seperti drama korea, episodnya dikit tapi ng rugi nonton berkali-kali.
    treatment dan breakdown , aku ng paham soal itu, maklum baru belajar nulis skenario, selama ini aku nulis cerpen dan dongeng ja untuk di kirim ke majalah,,
    Law ngirim langsung ke PH itu nggak mungkin banget, aku tinggal jauh di pelosok.
    Makasih sarannya, nanti aku cari penulis senior yang butuh co-writer,,
    Makasih juga udah dengar keluhan penulis pemula sepertiku., 😊

    Balas
    • Bikin aja dulu semuanya, tp jangan diliatin semuanya juga. Paling nggak kali diminta buat 13 episode udah siap.
      Proposal itu ya latar belakang, alasan, dll kamu bikin cerita kayak gitu.. Kalo breakdown itu ya kmu urai ceritanya scene per scene, apa kebutuhannya kalau kelak itu diproduksi, dimana aja lokasi yang akan dijadikan lokasi, berapa budget yg dibutuhkan, dll.
      Kalo masalah tinggal di pelosok kan bisa kirim via pos

      Balas
  12. Banyak juga ya yg harus di serahin ampe 13 episod,,
    Aku masih nyelesainnya nih dengan susah payah tentunya.. hhheee… #curhat
    makasih ya oomguru slalu balas komentar qu, biasanya qu komentar d blog tetangga, jarang ada yg blas..
    oomguru ng pelit ilmu, salut qu.. πŸ˜ŠπŸ‘

    Balas
  13. Anonim

     /  Februari 3, 2016

    Salam kenal om guru/kang Dede…. postingannya bagus, ngasih pencerahan buat pecinta film dan menulis skenario. Memang menggiurkan kalo dibayangin, oom. tapi berdasarkan pengalaman saya, waktu nyodorin ide harus hati”. Ide saya udah beberapa kali di tilep orang. Tau-tau tayang aja di TV ceritanya tapi dengan judul yang beda. Sebenarnya saya ga kapok. karena memang asyik nulis skenario sinetron/film. ada kepuasan rasanya kalau cerita kita di sukai orang. heheh .. ini sedikit berbagi pengalaman masalalu aj, karena saat ini buat skenario bagi saya sekarang sulit setelah tinggal di Blitar Jawa Timur, karena jauh dari PH dan stasiun TV. Mapir juga ya ke rumah saya http://menuliscerita4u.blogspot.co.id/2016/01/menjadi-penulis-skenario-otodidak-itu.html

    Balas
  14. Merry Namtarn

     /  Juli 15, 2016

    tulisan ini bagus! sy di rmh udh bwt skenario film and sinetron..doain sukses ya kak! πŸ˜„

    Balas
  15. Om, om, gue udh hampir nyelesain 120 halaman, tapi sedikit takut klo ad scene yang nantinya di bilang plagiat. Contohnya premis “si budi nendang bola dan masuk ke gawang”. Gimana tu om ? Makasih sebelumnya hehe

    Balas
    • Setau saya emang kalo nendang bola tujuannya buat masuk ke gawang om.. Kalo gak mau plagiat, bikin aja “si budi nendang bola dan masuk pesantren.” itu original!

      Balas
  16. Haloooo… Oom Guru…
    Balik lagi nih… lihat coment diatas.. terakhir qu komentar bulan Februari, sekarang udah November..
    Ternyata nyelesain 13 episode skenario buat diserahin ke PH itu susah banget, apalagi dengan kesibukan lain yang juga udah nunggu..
    Tapi aku sedikit beruntung, aku mulai dari yang paling bawah, bukan langsung jadi penulis skenario, tapi nulis cerita FTV dulu, kan sedikit lebih mudah, cuma 3 halaman, bukan 13 episode.. untungnya ada PH yang berbaik hati nerima cerita FTV qu.. itulah yang aku kerjain sekarang.. tapi kedepannya pengen nulis cerita FTV sekaligus skenario lengkapnya..
    Doain ya Oom Guru…
    Makasih… ^-^
    #curcol

    Balas

Ngomen Yang Bener!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: