Video Company Profile di Bandara

Beberapa minggu dibuat sibuk oleh urusan pribadi dan juga urusan kerjaan, akhirnya sekarang saya bisa nulis dan ngupdate blog ini lagi. Well, lumayan banyak sebenernya yang pengen dituangin di sini.. cuma kayaknya, nggak akan ada yang tertarik juga kalo saya bahas urusan yang nggak consumable buat kalian yang baca blog ini.

Jadi gini..
Di postingan kali ini, saya pengen cerita, bahwa beberapa minggu kemarin, saya dapet pengalaman baru. Pengalaman apa? Yakni pengalaman membuat video company profile..!
Lah.. bukannya itu mah udah biasa dan udah pernah juga sebelumnya?
Kalo untuk video compro-nya, iya.. emang udah pernah beberapa kali saya buat. Tapi untuk project yang terakhir ini, lumayan jadi pengalaman. Karena apa? Karena baru kali ini saya maen ke bandara Soekarno-Hatta, tapi bukan di passanger area-nya. Kalo cuma sekedar Terminal 1, 2 atau Terminal 3 yang baru, pastinya udah banyak orang yang ke sana. Sementara saya dan teman-teman kru, maennya ke atas – ke menara Air Traffic Control-nya!!!

Ada yang udah pernah ke sana?

air traffic control

air traffic tower bandara Soekarno-Hatta

shooting crew

suasana saat kru mengambil gambar di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Zona yang dimiliki oleh PT. Airnav Indonesia itu, emang masuk kawasan yang ultra-restricted. Gak semua orang boleh masuk ke sana. Apalagi, masuk ke area vital dimana para staff operator sedang berkonsentrasi penuh mengatur lalu-lintas pesawat baik di sekitar airport maupun di udara. Sedikit aja konsentrasi mereka buyar atau paitnya sampe menyebabkan error, maka bukan resiko kecil yang harus ditanggung.
Beruntung.. klien yang minta buatin video company profile itu adalah perusahaan yang berafiliasi dengan otoritas tertinggi dari industri penerbangan tanah air. Alhasil, kita dapet akses buat jalan-jalan di sana-sini (selain kawasan sekitar bandara soetta, saya sama temen-temen juga maen-maen ke bandara Pondok Cabe, serta beberapa tempat yang merupakan kantor perusahaan yang bergerak di bidang aviasi). Cuman sayang.. dari sekian kesenangan saya bisa maen ke sana, ada beberapa tempat yang pada akhirnya -karena satu dan lain hal- nggak bisa kita datangin; cotohnya kayak Garuda Mantainance Facility (GMF). Sayang banget..!

Β 

Nah, videonya itu sendiri, sekarang baru selesai tahap editing.. jadi selanjutnya, tinggal dipresentasiin ke kliennya. Ide videonya merupakan hasil akulturasi antara ide saya sendiri, dan juga ide dari beberapa orang yang ada di agencynya. Konsepnya naratif plus testimoni, seperti halnya video company profile pada umumnya.

Minggu depan, kalo materinya udah diapprove oleh klien dan udah boleh dipublish, saya akan kasih liat kalian. Saya upload di akun youtube saya nanti.
Untuk sekarang, sekian aja dulu.. kebanyakan bosen juga kan kalian bacanya?!

πŸ˜€ πŸ˜€

[Video] AIA Mini Manager Contest

Beberapa waktu kemaren, gue sempet dapet job. Jobnya bukan dari kantor, melainkan job dari luar. Jadi ceritanya, ada seorang teman, yang minta dibikinin video, semacam film pendek, buat ikutan kontes yang diadain sama salah satu perusahaan asuransi, yakni AIA. Nama kontesnya sendiri adalah AIA Mini Manager.

Kontes-Video-AIA-Mini-Manager-Berhadiah-Uang-Total-20-Juta-compressed
Basic ceritanya adalah tentang motivational team-talk (motivasi yang diberikan pelatih untuk memompa semangat timnya) – dalam hal ini pelatih tim sepakbola, tepatnya tim sepakbola Tottenham Hotspur.

Kenapa Tottenham Hotspur?
Karena emang AIA adalah main sponsor dari klub tersebut.
Jadi singkatnya, si anak (Jeremy), baru diangkat jadi pelatih Spurs. Gimana Jeremy gak cuma ngasih taktik, tapi juga motivasi buat para pemainnya sampe bisa menang pertandingan, itu..!

Videonya itu durasinya cuma 60 detik, gak boleh lebih gak boleh kurang. Itulah kenapa, gue cukup bekerja keras untuk melakukan rough cut editing, biar durasinya bisa pas tapi ceritanya gak kepotong.
Nah.. berikut ini adalah preview videonya yang udah gue upload ke youtube:

Menurut kalian gimana? Kasih penilaian yah lewat voting..?! Tengkyuh πŸ™‚